Jumat, 12 Desember 2014

Contoh Cara Membaca Grafik XRD

Hi metallurgist!!
Dalam ilmu karakterisasi material, dikenal adanya pengujian XRD untuk mengetahui senyawa penyusun material tersebut. Berikut saya jelaskan mengenai cara membaca peak XRD. saya kasih contoh aja ya biar lebih mudah. karakterisasi ini menjelaskan tentang uji XRD pada sample baja ASTM A106

Rabu, 10 Desember 2014

MBF :Bisnis Recycle dan Ekstraksi Logam

Hi metallurgist,
kali ini saya kasih gambaran tentang tugas techno saya nih,kebetulan saya disarankan bapak dosen untuk publikan tugas ini. jadi gak ada salahnya kalo tugas ini nyasar kesini kan? hehe..
ini tentang alat ekstraksi dan recycle logam. jika effisiensi bisa maksimal keuntungan besar banget gan.. silahkan dikomentari ya..

Senin, 24 November 2014

Salah Satu Metode Penelitian Jominy Test

Hi metallurgist..
Tahukan jika pada aplikasinya, semua struktur logam akan terkena pengaruh gaya luar berupa tegangan-tegangan gesek sehingga menimbulkan deformasi atau perubahan bentuk ?? silahkan rekan-rekan membaca mengenai teori deformasi deh  ! kalau gak percaya..hehe
nah, untuk itu dibutuhkan suatu usaha untuk  menjaga logam lebih tahan gesekan atau tekanan. Salah satunya adalah  peningkatan kekerasan dengan melakukan perlakuan panas pada logam tersebut. Salah satu proses perlakuan panas pada baja adalah pengerasan (hardening),

Senin, 17 November 2014

Contoh Soal Struktur Menggunakan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method)

Jika diketahui struktur penarik terbuat dari pelat epoksi 200x600 mm dengan tebal 50 mm. pelat diberi beban tekan aksial sebesar 50 kg. kekuatan tarik ,modulus elastisitas, dan perpanjangan patah epoksi adalah 50 Mpa, 2 Gpa, dan 2,5% . Perkirakan

Jumat, 13 Juni 2014

Perubahan struktur mikro dari bentuk bulat ke pipih dengan teori dislokasi

Logam dikenal mempunyai sifat ulet artinya mampu berdeformasi plastis bila mengalami deformasi yang cukup besar. Gaya yang bekerja pada benda tentunya akan diterima juga oleh kristal akan mendorong barisan atom dalam kristal, yang dapat memutus ikatan antar atom dari barisan atom.