Jumat, 12 Desember 2014

Contoh Cara Membaca Grafik XRD

Hi metallurgist!!
Dalam ilmu karakterisasi material, dikenal adanya pengujian XRD untuk mengetahui senyawa penyusun material tersebut. Berikut saya jelaskan mengenai cara membaca peak XRD. saya kasih contoh aja ya biar lebih mudah. karakterisasi ini menjelaskan tentang uji XRD pada sample baja ASTM A106

Rabu, 10 Desember 2014

MBF :Bisnis Recycle dan Ekstraksi Logam

Hi metallurgist,
kali ini saya kasih gambaran tentang tugas techno saya nih,kebetulan saya disarankan bapak dosen untuk publikan tugas ini. jadi gak ada salahnya kalo tugas ini nyasar kesini kan? hehe..
ini tentang alat ekstraksi dan recycle logam. jika effisiensi bisa maksimal keuntungan besar banget gan.. silahkan dikomentari ya..

Senin, 24 November 2014

Salah Satu Metode Penelitian Jominy Test

Hi metallurgist..
Tahukan jika pada aplikasinya, semua struktur logam akan terkena pengaruh gaya luar berupa tegangan-tegangan gesek sehingga menimbulkan deformasi atau perubahan bentuk ?? silahkan rekan-rekan membaca mengenai teori deformasi deh  ! kalau gak percaya..hehe
nah, untuk itu dibutuhkan suatu usaha untuk  menjaga logam lebih tahan gesekan atau tekanan. Salah satunya adalah  peningkatan kekerasan dengan melakukan perlakuan panas pada logam tersebut. Salah satu proses perlakuan panas pada baja adalah pengerasan (hardening),

Senin, 17 November 2014

Contoh Soal Struktur Menggunakan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method)

Jika diketahui struktur penarik terbuat dari pelat epoksi 200x600 mm dengan tebal 50 mm. pelat diberi beban tekan aksial sebesar 50 kg. kekuatan tarik ,modulus elastisitas, dan perpanjangan patah epoksi adalah 50 Mpa, 2 Gpa, dan 2,5% . Perkirakan

Jumat, 13 Juni 2014

Perubahan struktur mikro dari bentuk bulat ke pipih dengan teori dislokasi

Logam dikenal mempunyai sifat ulet artinya mampu berdeformasi plastis bila mengalami deformasi yang cukup besar. Gaya yang bekerja pada benda tentunya akan diterima juga oleh kristal akan mendorong barisan atom dalam kristal, yang dapat memutus ikatan antar atom dari barisan atom.

Rabu, 16 April 2014

Contoh Soal Hitungan Pengelasan/welding

Hi metallurgist..
udah lama banget gak ngepost nih, berhubung banyaknya kegiatan kuliah..apalagi kemarin habis UTS :) ..nah, berhubung kemarin habis UTS saya mau berbagi catatan kuliah nih tentang  perhitungan dasar pengelasan..

Kamis, 13 Maret 2014

BUBBLEBOWL HUS (HOUSE UNDER SEA): PERUMAHAN BAWAH LAUT RAMAH EKOSISTEM DI PANTAI JAKARTA UTARA

Hi metallurgist!!
Sibuk dengan rutinitas kuliah dan organisasi tentunya tidak menghambat kita untuk berkarya kan? tentunya yang menggerakkan kita adalah motivasi dari kita sendiri,dan hal tersebut  berbeda antara satu dengan yang lainnya. nah..kali ini saya tidak memberikan motivasi untuk itu :) , namun saya ingin berbagi salah satu artikel  yang mungkin dapat digunakan untuk pembanding atau referensi.

Rabu, 12 Februari 2014

Standar : Uji Tarik (ASTM)

ketika kita ingin mengajukan uji tarik, ada standar yang kita jadikan rujukan, salah satunya yaitu ASTM. Kali ini saya ingin membagikan literatur salah satu standar uji tarik yang pernah saya gunakan.

Jurnal : STUDI VARIASI PENGELASAN ULANG TERHADAP CACAT LAS DAN KEKERASAN MATERIAL ALUMINIUM 5083

Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui cacat las dan kekerasan yang diakibatkan adanya proses pengelasan ulang. Hal ini diakibatkan adanya proses replating atau kesalahan pengelasan dalam penyambungan material sehingga diperlukan repair. Pada penelitian ini, proses pengelasan diulang sampai empat kali. Untuk melihat struktur mikro

Jumat, 31 Januari 2014

Nickel, Nickolium (Ni)

 
Bahasan kita kali ini tetang sifat dan karakteristik logam non ferrous,salah satunya nikel. Langsung aja ye gan..


Nickel, Nickolium merupakan unsur penting yang terdapat pada  endapan terak bumi yang biasanya tercampur dengan bijih  tembaga. Oleh kerena itu diperlukan proses pemisahan dan  pemurnian dari

Selasa, 28 Januari 2014

Carbon Steel Handbook

This report, one in an ongoing series of metallurgical reports, is devoted to iron-based alloys that contain only residual amounts of elements other than the primary alloying element, carbon—the definition of carbon steel. Because of its attractive cost, wide availability, and ease of fabrication and  weldability, carbon steel is one of the most commonly used materials in the electric power generation industry. Carbon steels in which carbon represents 0.15–0.35%—those used most often as boiler and piping  materials—are the focus of this carbon steel handbook 

Minggu, 26 Januari 2014

Teknologi Reklamasi Lahan Pertambangan

Seiring dengan  majunya peradaban  suatu negara  terdapat berbagai  aktivitas-aktivitas industri yang menunjang perekonomian negara tersebut.  Aktivitas tersebut tentunya berdampak langsung pada lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat diamati dari perubahan yang terjadi pada lingkungan tersebut yaitu berupa  penurunan atau peningkatan kualitas lingkungan itu sendiri meliputi perubahan kimiawi,perubahan morfologi dan topografi lahan, perubahan iklim mikro,produktivitas lahan (tandus atau gundul) dan lain sebagainya.

Sabtu, 25 Januari 2014

Contoh-Contoh Diagram Fasa

Telah diketahui bahwa banyak macam struktur yang mungkin terjadi pada suatu paduan. karena sifat suatu bahan banyak tergantung pada jenis, jumlah,/ banyaknya dan bentuk dari fase (miksrostruktur) yang terjadi.
Sejumlah besar data mengenai perubahaan fase dari berbagai jenis paduan telah dikumpulkan dan dicatat dalam bentuk diagram yang disebut diagram fase/ diagram keseimbangan/ekuilibrium. Berikut saya tampilkan beberapa contoh diagram fase dari sistem binary dan ternary :


Jumat, 24 Januari 2014

STRUKTUR MIKRO BAJA KONSTRUKSI ST41 NORMALIZING

Kali ini saya ingin berbagi hasil pengujian metalografi pada spesimen Baja ST41. Perlakuan panas yang telah dikenakan pada baja tersebut adalah normalizing. Penjelasan dari proses perlakuan tersebut bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya pada spesimen ASTM A106B, hanya saja temperature dan holding time-nya berbeda.

Sebelum melihat struktur mikro pada perlakuan, perlu terlebih dahulu kita mengidentifikasi komposisi kimia pada masing-masing spesimen. Berikut saya tampilkan tabel komposisi kimia untuk spesimen ST 41 (Baja konstruksi dengan tensile strength 40 kg/mm2)

Rabu, 22 Januari 2014

Jenis Etsa Untuk Beberapa Material uji Metalografi


Dalam prosedur  metalografi, ada tahapan yang disebut “etching”,tahapan ini dilakukan dengan memberika larutan etsa kepada spesimen sesuai dengan metode dan waktu yang ditentukan. Proses yang terjadi pada etching ini yaitu penyerangan/pengikisan batas butir secara selektif dan terkendali,sehingga struktur yang akan diamati terlihat dengan jelas dan tajam.  Jika tidak memperhatikan metode yang tepat serta lamanya waktu kontak dengan larutan maka biasanya spesimen akan “gosong”, kesalahan dalam memilih larutan juga menyebabkan batas butir tidak akan tampak pada mikroskop logam ketika kita amati, maka sebelum melakukan proses ini tentunya kita harus mengetahui jenis larutan dan metode yang tepat.

Secara singkat, prosesnya secara umum yaitu :

Selasa, 21 Januari 2014

Struktur Mikro Spesimen A106B

hi metallurgist!

kali ini saya mau berbagi  hasil metalografi yang telah saya lakukan pada spesimen baja karbon ASTM A106 B dengan 3 perlakuan panas. 

spesimen yang digunakan adalah baja karbon ASTM A106B yang biasa digunakan pada pipa migas, komponen boiler,dan lainnya (tensile strength 60ksi).  Spesimen ini memiliki komposisi kimia sebagai berikut (ASTM):

Elemen
Komposisi(%)
Carbon
Maksimum 0,3
Mangan
0,29-1,06
Phospor
Maksimum 0,035
Sulfur
Maksimum 0,035
Silikon
Minimum 0,1
Vanadium
Maksimum 0,08
Tembaga
Maksimum 0,4
Nickel
Maksimum 0,4
Kromium
Maksimum 0,4
Molibdenum
Maksimum 0,15