Sabtu, 25 Januari 2014

Contoh-Contoh Diagram Fasa

Telah diketahui bahwa banyak macam struktur yang mungkin terjadi pada suatu paduan. karena sifat suatu bahan banyak tergantung pada jenis, jumlah,/ banyaknya dan bentuk dari fase (miksrostruktur) yang terjadi.
Sejumlah besar data mengenai perubahaan fase dari berbagai jenis paduan telah dikumpulkan dan dicatat dalam bentuk diagram yang disebut diagram fase/ diagram keseimbangan/ekuilibrium. Berikut saya tampilkan beberapa contoh diagram fase dari sistem binary dan ternary :


Jumat, 24 Januari 2014

STRUKTUR MIKRO BAJA KONSTRUKSI ST41 NORMALIZING

Kali ini saya ingin berbagi hasil pengujian metalografi pada spesimen Baja ST41. Perlakuan panas yang telah dikenakan pada baja tersebut adalah normalizing. Penjelasan dari proses perlakuan tersebut bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya pada spesimen ASTM A106B, hanya saja temperature dan holding time-nya berbeda.

Sebelum melihat struktur mikro pada perlakuan, perlu terlebih dahulu kita mengidentifikasi komposisi kimia pada masing-masing spesimen. Berikut saya tampilkan tabel komposisi kimia untuk spesimen ST 41 (Baja konstruksi dengan tensile strength 40 kg/mm2)

Rabu, 22 Januari 2014

Jenis Etsa Untuk Beberapa Material uji Metalografi


Dalam prosedur  metalografi, ada tahapan yang disebut “etching”,tahapan ini dilakukan dengan memberika larutan etsa kepada spesimen sesuai dengan metode dan waktu yang ditentukan. Proses yang terjadi pada etching ini yaitu penyerangan/pengikisan batas butir secara selektif dan terkendali,sehingga struktur yang akan diamati terlihat dengan jelas dan tajam.  Jika tidak memperhatikan metode yang tepat serta lamanya waktu kontak dengan larutan maka biasanya spesimen akan “gosong”, kesalahan dalam memilih larutan juga menyebabkan batas butir tidak akan tampak pada mikroskop logam ketika kita amati, maka sebelum melakukan proses ini tentunya kita harus mengetahui jenis larutan dan metode yang tepat.

Secara singkat, prosesnya secara umum yaitu :

Selasa, 21 Januari 2014

Struktur Mikro Spesimen A106B

hi metallurgist!

kali ini saya mau berbagi  hasil metalografi yang telah saya lakukan pada spesimen baja karbon ASTM A106 B dengan 3 perlakuan panas. 

spesimen yang digunakan adalah baja karbon ASTM A106B yang biasa digunakan pada pipa migas, komponen boiler,dan lainnya (tensile strength 60ksi).  Spesimen ini memiliki komposisi kimia sebagai berikut (ASTM):

Elemen
Komposisi(%)
Carbon
Maksimum 0,3
Mangan
0,29-1,06
Phospor
Maksimum 0,035
Sulfur
Maksimum 0,035
Silikon
Minimum 0,1
Vanadium
Maksimum 0,08
Tembaga
Maksimum 0,4
Nickel
Maksimum 0,4
Kromium
Maksimum 0,4
Molibdenum
Maksimum 0,15